» , , » Cara menghemat Quota data Internet di Browser Chrome

Cara menghemat Quota data Internet di Browser Chrome

Hampir semua peramban web browser mengklaim bahwa browser yang dikembangkannya selain cepat juga bisa menghemat quota data internet. Bagaimana dengan Browser Chrome ? Browser Chrome juga dilengkapi opsi penghematan Quota Data Internet bagi pengguna smartphone seperti Android. Fasilitas penghematan quota data internet didalam browser Chrome tidak secara otomatis berfungsi sebelum pengguna mengaktifkannya terlebih dahulu. 

Hemat Quota Internet

Jadi, fasilitas hemat quota data internet didalam browser Chrome adalah sebuah opsi yang bisa di ON / OFF kan oleh penggunanya. Kemungkinan fasilitas hemat quota yang dijadikan opsi tersebut memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk memilih hemat quota ketika memakai data internet dari sim card, dan bisa di OFF kan ketika menggunakan koneksi internet WIFI.

Saat fitur Hemat Data di ON kan, Chrome terlebih akan memampatkan / mengkompresi jumlah data laman web yang anda kunjungi ke dalam server Google dan kemudian akan meneruskannya ke browser Chrome yang anda gunakan. Jumlah data yang dimampatkan oleh server Google tergantung jenis konten halaman web yang anda kunjungi. Khusus halaman yang diawali dengan https dan browsing di mode penyamaran akan langsung dimuat tanpa ada penghematan data sama sekali. 

Cara menghemat Quota data Internet

Smartphone:
  • Android - di dalam browser Chrome, sentuh Menu > Setelan >  Penghemat Data. Geser tombol Aktif ke kanan untuk mengaktifkan.
  • IOS - di dalam browser Chrome, sentuh Menu > Setelan > Bandwidth > Penghemat Data. Lalu geser tombol untuk menjadikan Aktif.
Komputer dan Chromebook
Untuk bisa menggunakan fitur penghemat quota data terlebih dulu anda harus mendownload ektensi penghemat data di Chrome Web Store.

Dampak dari menghemat Quota data Internet

Dampak dari menghemat Quota data Internet tentunya pemakaian quota data internet akan lebih hemat dari sebelumnya. Dampak lain adalah :
  • Beberapa situs web yang anda kunjungi kemungkinan tidak dapat memetakan lokasi anda secara akurat.
  • Beberapa gambar dalam halaman web kemungkinan nampak sedikit kabur
  • Situs internal seperti intranet perusahaan mungkin tidak dapat dimuat seperti biasanya
  • Situs portal operator seluler mungkin tidak akan berfungsi dengan baik. Misalnya situs operator yang menyediakan halaman pengecekan pulsa dan quota.


0 komentar :

Post a Comment