» , , » Cara Browsing Cepat, Hemat Quota Data Internet di UC Browser

Cara Browsing Cepat, Hemat Quota Data Internet di UC Browser

Quota data internet masih menjadi persoalan utama bagi kebanyakan pengguna smartphone. Banyak provider seluler di Indonesia yang menjual layanan internet seluler seperti Telkomsel, Indosat, Pro-XL, Three, dan Smartfren pada berlomba menawarkan quota data internet dengan beragam pilihan yang dikemas dalam bentuk paket-paket yang membingungkan konsumen. Dari paket termurah hingga yang termahal, nyaris tidak ada perbedaan kecepatan. Apabila ditanyakan ke customer servicenya, jawaban mereka hanya satu "Maaf, saat ini teknisi kami sedang melakukan perbaikan jaringan".

UC Browser

Merambani web dengan koneksi internet yang lambat tentunya sangat menyebalkan. Untuk itu pengguna smartphone harus lebih smart dalam memilih aplikasi peramban web / browser. Gonta ganti paket internet hingga gonta ganti sim card juga tidak banyak membantu memperoleh kecepatan internet yang bagus dan stabil. Kecuali memakai koneksi WIFI yang memiliki bandwith besar atau menggunakan terowongan khusus (Tunnel).

Ada beberapa aplikasi browser untuk smartphone yang memiliki fitur perambanan web yang bisa di kustomisasi atau di personalisasi sesuai dengan selera penggunanya. Kali ini saya memilih UC browser. Ya UC Browser untuk Android. Saya melihat dalam UC browser ini terdapat banyak opsi yang memungkinkan penggunaan data internet SEPERTINYA lebih hemat sehingga aktifitas perambanan web yang mengecewakan di jalur koneksi internet lambat bisa sedikit terobati.

Pada setingan default, tampilan beranda atau home page UC Browser seperti sampah (baca: Mengganggu pandangan) yang berserakan mulai dari atas hingga bawah. Pada berandanya akan anda jumpai Speed Dial dan beragam link banner yang oleh UC browser disebut dengan "Kartu". Aneka macam kartu tersebut bisa di personalisasi sesuai dengan selera pengguna UC Browser. Ada kartu Berita, Download Aplikasi, Musik, Situs Mobil, Video, Game HOT, Manga, Humor, Tema, Lifestyle, Sepakbola dan daftar situs yang nantinya paling sering dikunjungi. Jika semua kartu ditampilkan seluruhnya, selain banyak mengambil memory ponsel juga sangat bisa mengambil jatah quota data internet.

UC Browser
Homepage UC Browser


Untuk langkah pertama, terlebih dulu saya atur tampilan UC menjadi lebih sederhana. Bagi saya, Speed Dial sudah cukup atau bahkan seandainya bisa dihilangkan, tentu UC Browser akan lebih user friendly. Tampilan Antar muka yang berlebihan pada beranda browser di smartphone juga bisa berdampak pada kinerja smartphone menjadi melemah dan mengurangi jatah quota data internet sebelum digunakan untuk browsing.

Langkah dan Cara penghematan Memory dan Quota 


Matikan kartu - Sebagai langkah penghematan memory smartphone dan quota data internet, saya lebih suka menghilangkan seluruh kartu dan hanya tersisa speed dial. Langkahnya dengan mengusap layar beranda UC browser hingga ke bawah sampai nampak tulisan KARTU. Sentuh tulisan kartu tersebut dan UC akan menampilkan jendela daftar item kartu. Geser semua tombol slider kartu ke kiri untuk menonaktifkan.

Konfigurasi UC Browser
Setelan Kartu UC Browser

Pengaturan UC Browser. Sentuh tombol Menu Setelah terbuka jendela Menu, usap layar menu ke kanan hingga nampak menu Pengaturan. Dalam menu Pengaturan tersebut ada beberapa opsi penghematan quota saat browsing. Diantaranya yaitu :

Teks saja 
Pilih opsi ini jika ingin situs web yang akan anda kunjungi nanti hanya menampilkan teks / tulisan saja bila menggunakan koneksi internet dari sim card. Dan otomatis gambar akan ditampilkan bila menggunakan koneksi WIFI.

Preloading halaman 
Pilihannya ada tiga, Nonaktif, WAP dan Semua halaman. Fitur ini berguna untuk memuat halaman berikutnya sehingga waktu untuk membuka halaman berikutnya menjadi lebih cepat. Saya rasa ini cocok buat menjelajah web Facebook daripada menggunakan aplikasi Facebook yang banyak memakan quota data internet dan bikin boros baterai. Saya pilih mode seluler - WAP (Wireless Aplication Protocol).

Akses cepat
Terdapat pilihan Google Pencarian cepat dan Facebook. Keduanya hanya untuk menampilkan pemberitahuan. Dan keduanya saya nonaktifkan. Tapi bagi anda yang tak ingin ketinggalan berita dari anu anu anda di Facebook, baiknya aktifkan slider notifikasi Facebook dengan cara menggesernya ke kanan. Sekalipun saat offline, anda masih mendapat pemberitahuan dari Facebook jika mengaktifkan opsi tersebut.

Pengaturan Browsing - Ada banyak opsi diantaranya :
Kualitas gambar
Makin tinggi kualitas gambar yang ditampilkan tentunya akan sebanding dengan penggunaan quota internet. Saya lebih suka memilih kualitas gambar rendah untuk penghematan.

Form dan kata sandi. Pada opsi ini saya lebih memilih opsi "Jangan pernah simpan" dengan alasan privasi. Saya mah orangnya gitu, khawatir kalau UC Browser bertindak curang dengan menyalin data-data login yang saya punya.

Animasi - Opsi ini saya matikan karena saya kurang nyaman bila melihat ada yang bergerak-gerak (animasi) di layar kecil.

Pilihan lain seperti Kecerahan layar, rotasi dan pilihan Scroll, saya biarkan bernilai default yaitu otomatis. Untuk kembali ke pengaturan awal, sentuh saja tombol Pengaturan awal yang terletak di paling bawah layar Pengaturan.

Dengan pengaturan seperti diatas, pengalaman saya browsing internet dengan aplikasi UC Browser bisa menjadi lebih menyenangkan, lancar, cepat dan tentunya hemat quota data internet. Lebih cepat lagi bila di mode teks. Bagaimana dengan pengalaman Anda?

Minat dengan UC Broser ? Silahkan download di Play Store untuk Android. Untuk perangkat / smartphone lain silahkan pilih sendiri dan download di UC Browser.
  

1 komentar :

  1. wahhh uc browser merugikan publisher adsense gan, iklan gak tayang, mending pake paket axis rabu rawit aja

    ReplyDelete