» , » Google Chrome peramban web terpopuler

Google Chrome peramban web terpopuler

chrome
Logo Google Chrome


Google Chrome, peramban web terpopuler saat ini baik untuk pengguna desktop dan mobile. Meski bisa dikatakan pendatang baru, Chrome browser ternyata mampu mengejar ketertinggalannya hingga sejajar bahkan mengungguli para pendahulunya seperti Internet Explorer buatan Microsoft, Firefox, dan software peramban web lain. Terlebih di era mobile dan global saat ini dimana hampir setiap pengguna perangkat bergerak seperti ponsel / smartphone, menjadikan internet sebagai kebutuhan primer untuk memenuhi hasrat dan kepentingannya dalam memperoleh informasi. Google Chrome menawarkan dirinya sebagai aplikasi peramban web handal yang dapat di unduh dan digunakan untuk internetan di smartphone berplatform Chrome OS, Android, IOS, dan Blackberry.   


Penampilan ( UI - User Interface) Chrome

Gaya dan penampilan peramban web Google Chrome dikemas dalam bentuk sederhana, mudah digunakan / user friendly meski bagi pengguna awam di desktop seperti komputer, laptop, notebook maupun mobile seperti smarphone dan tablet. 



Dibalik kesederhanaan gaya dan penampilannya, Chrome juga dilengkapi dengan fitur keamanan modern yang membuat para penggunanya bisa merasa aman dan nyaman saat menggunakan Chrome untuk menjelajah informasi di internet. Peramban web yang satu ini menurut saya selain cepat dalam menampilkan halaman web, juga lebih stabil dibandingkan dengan software peramban web browser lain. Bersih, sederhana, stabil dan aman. Itulah pendapat saya tentang peramban web Chrome yang dikembangkan oleh Google.


Kecepatan Chrome

Kecepatan Chrome memuat halaman web bertumpu pada mesin java script V8, yaitu mesin java script yang didesain untuk menjalankan aplikasi yang rumit berbasis web dan dukungan mesin webkit open source. Dan pada setiap peluncuran versi pembaharuan (update), kecepatan dan ketangguhan Chrome yang terus ditingkatkan diuji terlebih dulu dengan mesin benchmark V8 dan Mozilla kraken. Dalam pengujian tersebut bisa diketahui nilai skor kecepatan software peramban web Chrome. Nilai skor tertinggi adalah yang terbaik. Nilai skor tersebut setindaknya bisa buat gambaran dan perbandingan, peramban web apa yang layak kita gunakan untuk meramban informasi di internet. 

Navigasi Chrome

Peramban web Chrome, menyediakan kotak penelusuran alamat yang mereka sebut omnibox. Di kotak omnibox, kita bisa mengetikkan alamat web atau kata kunci pencarian informasi. Dengan hanya beberapa huruf yang kita ketik, omnibox akan memberikan saran dan tebakan cerdas tentang apa yang hendak kita cari. Misalnya pada omnibox kita ketik kata "Kurs", omnibox Chrome otomatis akan menebak kata kunci Kurs tersebut dengan memperluas kotak saran pencarian yang mungkin berisi kata: Kurs rupiah hari ini, Kurs BI, Kurs BCA, Kurs Dollar, dan lain-lain.


Dengan omnibox, kita bisa menghemat waktu mencari apa yang hendak kita cari di internet tanpa harus mikir yang rumit apakah langsung menuju alamat situs web atau menyusurinya di mesin pencari Google.     

Masalah keamanan dan privasi

Pada setiap versi pembaharuannya, peramban web Chrome terus memperbaiki dan meningkatkan fitur keamanannya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para penggunanya lebih terjamin. Terutama bagi pengguna internet banking, Chrome adalah peramban web yang lebih menjamin keamanan dari phising dan kejamnya dunia maya. Maksud saya dunia internet.


Saran saya, jika Anda meramban web (browsing) memakai perangkat komputer / laptop yang bukan milik sendiri alias perangkat umum seperti warnet, gunakan Chrome dengan modus Incognito (penyamaran). Pada modus incognito, Chrome tidak akan merekam jejak aktifitas anda selama meramban web. Riwayat perambanan web dan kuki akan otomatis terhapus saat anda keluar atau menutup jendela incognito. Cara ini juga bisa digunakan untuk membuka dua atau lebih akun facebook sekaligus. Satu di jendela normal, satunya lagi di jendela incognito. Untuk membuka jendela penyamaran dalam peramban web Chrome, caranya masuk ikon Menu di pojok kanan atas (dibawah tombol close (X) lalu pilih item New Incognito Window. Atau juga bisa dengan cara menekan  tombol CTRL SHIFT N pada keyboard secara bersamaan. Aktifnya jendela penyamaran di pojok kiri atas ditandai dengan icon    


0 komentar :

Post a Comment