» , , » Chating dengan Aplikasi Telegram messenger

Chating dengan Aplikasi Telegram messenger

Telegram Chatting

Dewasa ini, Aplikasi messenger sedikit demi sedikit telah menggeser dominasi layanan pengiriman pesan lewat SMS (Short Message Service). Hadirnya aplikasi messenger lintas platform berbasis internet data plan pada perangkat bergerak seperti smartphone telah membantu proses pertukaran informasi makin lancar dan mudah. Dunia makin terbuka dan terhubung. Para pengembang aplikasi terus berlomba membuat terobosan-terobosan baru di bidang layanan media sosial seperti aplikasi messenger menjadi lebih modern, gratis dan user friendly. 

Diantaranya saya ambil contoh aplikasi messenger seperti misalnya BlackBerry Messenger (BBM) yang diawal masa kejayaannya menjadi aplikasi messenger yang konon katanya bisa menambah status sosial penggunanya makin bergengsi. Namun kini nasib BBM hampir tinggal nama kebesarannya saja, tergerus oleh hadirnya aplikasi messenger lain yang lebih fantastis dengan tawaran fasilitas yang tak kalah canggihnya dengan BBM dan berbiaya relatif murah. Cukup bermodal ponsel jadul minimal berplatform symbian dan internet data plan sudah bisa membantu para Anak Baru Gede beserta para Angkatan Babe Gue ber ahak uhuk dengan teman chatingnya, sebuat saja aplikasi yang saya maksud tersebut dengan nama Whatsapp.   

Whatsapp sebuah aplikasi messenger sejuta umat yang merakyat tentu banyak memiliki kekurangan disamping kelebihannya. Diantara yang menjadi kekurangan Whatsapp adalah belum tersedianya fitur berbagi file selain file multimedia (gambar, audio dan video) dan historis arsip percakapan chating dibebankan / disimpan dalam media ponsel / smartphone milik pengguna Whatsapp itu sendiri. 

Telegram Messenger

Ada banyak sekali macam aplikasi messenger selain BBM dan Whatsapp. Diantaranya Line, Tango, Viber, Skype, Wechat dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun pernahkah anda mencoba menggunakan aplikasi messenger yang diberi nama Telegram ?  Ya namanya Telegram, sebuah nama klasik yang mengingatkan saya pada produk layanan berita singkat dan darurat dari Pos Indonesia.



Software aplikasi Telegram messenger dibuat dan dikembangkan oleh organisasi nirlaba dari Jerman yang di gawangi oleh seorang entreprenur dan dermawan berkebangsaan Rusia yang bernama Paul Durov. Paul Durov juga seorang pendiri dan pengembang situs media sosial VK. Paul adalah saudara muda dari Nikolai Durov. Paul mendukung dari segi finansialnya, sedangkan Nikolai bertugas sebagai pakar teknologinya.

Telegram Messenger, adalah sebuah aplikasi pengiriman pesan berbasis internet yang lebih fokus pada tingkat kecepatan dan keamanan. Aplikasi Telegram ini menggabungkan teknologi SMS dan email. Bedanya dengan Whatsapp, aplikasi Telegram menyimpan arsip percakapan chating dari para penggunanya ke media penyimpanan awan (cloud). Jadi berkomunikasi / chating dengan Telegram tidak perlu khawatir kehilangan arsip percakapan berikut data-data didalamnya. Sementara untuk urusan keamanan data percakapan chating, Telegram menjamin bahwa teknologi server yang dimiliknya benar-benar aman dari serangkaian kegiatan hacking. Bahkan Telegram membuat sebuah kontes sayembara, bagi siapa saja yang mampu menjebol server Telegram akan diberikan hadiah ratusan dolar US.

Aplikasi Telegram Messenger selain diperuntukkan untuk pengguna smartphone seperti Android, iPhone / iPad, dan Windows Phone, tersedia juga aplikasi Telegram untuk Desktop seperti PC / Mac, laptop / notebook. Telegram juga tersedia di versi Peramban Web Browser seperti Chrome, Firefox, Safari, Opera, Microsoft Edge, dan peramban web lain. Telegram juga tersedia untuk Mac OS X.

Telegram messenger untuk iPhone pertama kali dirilis pada 14 Agustus 2013, dan dikenalkan untuk Android pada 20 Oktober 2013. Disusul kemudian peluncuran software Telegram client yang dibuat oleh pengembang independen berbasis Telegram open platform. 

Tunggu apalagi, cobalah aplikasi Telegram messenger, kesibukan chating anda akan lebih mengesankan. Bagi Anda yang berminat mencobanya silahkan DOWNLOAD.


0 komentar :

Post a Comment