» , » Cara melihat dokumen Internet dengan Peramban (Browser) Web

Cara melihat dokumen Internet dengan Peramban (Browser) Web

Pengertian Web Browser, Peramban WebSeperti yang sudah saya tuliskan di halaman "Istilah Web dalam bidang Teknologi Internet", bahwasanya Web adalah sebuah jaring laba-laba yang sangat lebar, unik dan rumit. Jaring laba-laba tersebut terbentang dari satu tempat ke tempat lain yang masing-masing saling terhubung oleh sebuah simpul (node). Web juga merupakan wadah sebagai tempat dokumen diletakkan dan sekaligus sebagai jalan transportasi dokumen yang bisa dilalui oleh semua orang di seluruh dunia.


Arti kata Browsing

Browse - Browser - "Browsing" adalah kegiatan melihat-lihat atau membaca dengan santai. Yang dilihat tentunya sebuah informasi yang dikemas dalam bentuk dokumen. Dokumen tersebut bisa berupa surat, gambar, video, audio atau yang lain. Contoh yang sederhana adalah membaca buku atau  membaca koran.

Dalam bahasa Indonesia, istilah "browsing" mengandung arti "Meramban". Istilah "Meramban" mengingatkan saya pada kebiasaan orang - orang di desa  yang sedang mencari daun-daun muda untuk makanan kambing atau untuk dibuat sayuran. "Ngramban" - "Meramban" - dan "Peramban". Ada juga yang menggunakan istilah Surfing yang kemungkinan mengandung arti berselancar menelusuri Web.

Meramban Web - artinya melihat-lihat sesuatu informasi yang masih segar di sepanjang jalan Web. Mungkin juga bisa diartikan melihat-lihat daun muda yang masih segar... Wkwkwkk. Lalu bagaimana cara meramban Web ? tentunya dengan cara berjalan merayap layaknya spiderman... hehehe..

Peramban Web

Peramban Web, Web BrowserHubungan antara manusia dengan Web teramat dekat namun terpisah oleh dinding serat yang sangat halus. Manusia hidup di dunia nyata sedangkan Web banyak yang menyebutnya dengan istilah dunia maya (dumai). Perbedaan ruang itulah yang mengharuskan kita untuk menggunakan sebuah alat khusus yang bisa menjadi Peramban Web atau Web Browser.
Peramban Web (Web Browser) adalah sebuah perangkat lunak (software) yang sengaja dibuat oleh para pengembang software (seperti Mozilla dengan browser Firefox, Google dengan Chrome browsernya, Microsoft dengan Internet Explorer), sebagai alat untuk melihat-lihat di Web - Internet. Cara kerja perangkat lunak Peramban Web adalah menterjemahkan kode-kode khusus seperti HTML yang ada dalam dokumen Web menjadi sebuah bentuk dokumen yang bisa dilihat dan dibaca oleh semua orang diseluruh dunia nyata.


0 komentar :

Post a Comment