» , , » Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline

Cara Menggunakan Google Translate Secara Offline

Untuk bisa digunakan secara offline ( tanpa koneksi internet), Google Translate harus dilengkapi dulu dengan database bahasa yang kita perlukan. Anda bisa memilih paket bahasa dengan cara mendownloadnya langsung dalam aplikasi Google Translate. Misalkan anda ingin menterjemahkan bahasa Bengali ke bahasa Indonesia. Ketuk ikon panah bawah lalu ketuk bahasa Bengali. Kalau ingin bahasa arab ya ketuk saja bahasa Arab. Jika bahasa yang anda inginkan ditandai dengan ikon itu berarti anda diharuskan mendownload paket bahasa tersebut sebelum bisa digunakan secara offline.

Indonesia Vs Banggali


Setelah paket bahasa yang anda perlukan telah terdownload, langkah berikutnya download juga paket bahasa untuk terjemahan lewat Kamera dengan cara masuk menu Setelan > Bahasa Kamera Instan di aplikasi Google Translate. Silahkan pilih dan Download paket bahasa yang anda perlukan. Namun untuk paket bahasa asia seperti China, Jepang nampaknya belum didukung oleh Google Translate.


Kamera Penterjemah


Berikutnya lengkapi juga paket bahasa masukan ucapan untuk penterjemah bahasa lewat microphone. Ini penting buat Google Translate agar bisa membantu menterjemahkan bahasa saat anda sedang berdialog langsung dengan orang yang berbeda bahasa dengan anda. Misalkan anda ingin bercakap-cakap dengan orang Benggali, duduklah dekat dengan orang tersebut sambil mendekatkan ponsel anda di mulutnya. Ingat jangan terlalu dekat, bisa marah itu orang. Untuk melengkapi paket bahasa percakapan, caranya masuk Menu > Setelan > Masukan Ucapan. Untuk bahasa China tersedia bahasa China, Mandarin Taiwan dan Hong Kong.

Penterjemah dialek


Jika semua paket bahasa penterjemah yang diperlukan sudah anda download, aplikasi Google Translate sudah bisa digunakan untuk membantu anda dalam menterjemahkan text asing. Caranya sangat mudah, anda tinggal pilih menterjemahkan text yang anda ketikkan di Google Translate atau, ketuk ikon kamera untuk menterjemahkan lewat kamera, dan ketuk ikon microphone jika ingin menjadikan Google Translate sebagai penterjemah bahasa saat anda berdialog dengan orang asing.

Gambar dibawah ini adalah screenshoot menterjemahkan laman situs Dailymail dengan menggunakan Aplikasi Google translate Android mode penterjemah kamera.

Translate via Camera



0 komentar :

Post a Comment