» » Mendeteksi Usia, Gender, Emosi Dalam Foto Dengan Microsoft Project Oxford

Mendeteksi Usia, Gender, Emosi Dalam Foto Dengan Microsoft Project Oxford

Pemindai usia

Microsoft Project Oxford, baru - baru ini mempublikasikan hasil penelitian mereka di bidang rekayasa perangkat lunak "Face Recognition". Berbasis algoritma wajah, mereka membuat sebuah perangkat lunak (software) yang berfungsi mendeteksi dan mengenali wajah seseorang dalam gambar / foto. Perangkat lunak tersebut sedianya diperuntukkan bagi para pengembang sistem perangkat lunak dalam membuat alat deteksi reaksi seseorang yang bisa dipasang di toko / super market, restaurant, atau tempat publik.

Perangkat lunak hasil karya Microsoft Project Oxford tersebut dapat mengenali dan memprediksi delapan inti emosional manusia yaitu kemarahan, kebencian, kebahagiaan, ketakutan, jijik, netral, kesedihan dan kejutan berdasarkan ekspresi wajah secara universal yang mencerminkan perasaan itu.


Dengan berbasis pemindaian wajah pada gambar, alat tersebut juga bisa digunakan untuk memprediksi usia, jenis kelamin, menelusuri wajah yang mirip baik satu orang maupun banyak orang dalam satu gambar.

Testing

Hanya sekedar ingin tau hingga sejauh mana tingkat akurasi perangkat lunak produk Microsoft tersebut, saya coba mengujinya dengan mengambil sample dari link foto profil pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Hasilnya belum akurat. Mark Zuck dideteksi berusia 44 tahun, sementara berdasarkan data biografinya Mark dia lahir pada tanggal 14 Mei 1984.


Mark Zuckerberg


Anda mau mencobanya ? Silahkan merambani web Microsoft Project Oxford

0 komentar :

Post a Comment