» , » Windows 10 Dan Browser Microsoft Edge Menjadi Target Trojan Pencuri Password

Windows 10 Dan Browser Microsoft Edge Menjadi Target Trojan Pencuri Password

Trojan perbankan
Trojan Hourse - Credit image to Gettyimages


Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari perusahaan raksasa Microsoft yang sekaligus mengusung Microsoft Edge sebagai Peramban Web Browsernya. Kehadiran Windows 10 dan peramban web Microsoft Edge tak luput dari incaran virus Trojan. 

Sebuah virus trojan bernama Dyreza atau Dyre yang terkenal dengan kelihaiannya dalam mencuri database password perbankan, baru - baru ini teridentifikasi sebagai varian baru dari Trojan Dyreza oleh tim analisis keamanan online. Dilansir dari situs heimdalsecurity, tim mereka berhasil mengambil dan menganalisis sample varian trojan Dyreza. Hasil analisis mereka membuktikan bahwa Dyreza membidik perangkat Windows 10 dan peramban web Microsoft Edge sebagai target untuk mencuri password perbankan. Hasil analisis heimdal mengatakan bahwa dalam aksinya Dyreza mengumpulkan data dari pengguna Windows 10 dan menghubungkannya dengan peramban web Microsoft Edge dan kemudian mengirimkannya ke server jahat. 

Selain itu varian baru trojan Dyreza dibekali kemampuan untuk melumpuhkan serangkaian proses sistem keamanan komputer yang disusupinya sebagai langkah untuk mengambil alih sistem dengan cepat dan lebih efektif. 

Lebih lanjut heimdalsecurity mengatakan bahwa para cyber crime yang berada dibalik Dyreza menawarkan perangkat lunak anti spam yang dikirimkan ke para korban secara acak sebagai trik mereka dalam menyebarkan malware. Lebih dari 80.000 komputer di seluruh dunia telah terinfeksi Dyreza dan diperkirakan jumlah tersebut akan meningkat.

Dyreza, dalam aksinya juga menghubungkan kode-kode berbahaya pada peramban web Chrome, Chromium, Firefox, Internet Explorer dan Microsoft Edge. Dyreza juga memiliki kemampuan menyusup kedalam sistem operasi Windows XP, Windows 7, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 8 dan Windows 10.

0 komentar :

Post a Comment