» , , » Browser Chrome di bajak virus Malware

Browser Chrome di bajak virus Malware

Browser Chrome adalah peramban web populer yang banyak dipasang dan digunakan di banyak PC, laptop, notebook bahkan hingga ke smartphone seperti Android, iPhone, dan Blackberry. Disamping ketenarannya, Chrome yang dibuat dari hasil pengembangan Chromium yang berlisensi open source membuka peluang pada siapapun untuk membuat browser tiruan seperti Chrome. Yaitu Browser yang bermesin Chromium.
Logo Chrome

Baru-baru ini, pakar keamanan dunia online telah menemukan sebuah virus Malware berpenampilan Browser yang menyerupai Browser Chrome. Bila komputer / laptop anda sudah terinfeksi Malware tersebut, anda tidak akan sadar bahwa browser Chrome yang sedang anda gunakan untuk merambani web adalah sebuah virus Malware. Karena nyaris tidak ada perbedaan saat digunakan untuk browsing.

Menurut penjelasan pakar keamanan Malwarebytes, sebuah program Malware yang menamakan dirinya eFast Browser akan membajak peramban web Google Chrome Browser yang asli bila pada perangkat desktop seperti komputer / laptop sudah terpasang Google Chrome. Tanpa sepengetahuan pengguna, eFast juga akan menempatkan dirinya menjadi peramban web browser default pada perangkat desktop yang berhasil ia masuki dan akan mengambil alih sebagian besar file asosiasi. Pengaturan File Asosiasi berguna untuk menentukan program apa yang akan berjalan ketika sebuah file dibuka.

Adapun jenis file asosiasi yang eFast ambil alih diantaranya berformat gif, jpg, jpeg, png, htm, html, shtml, pdf, webp, xht, dan xhtml.

Lebih lanjut Malwarebytes juga mengatakan bahwa pengaturan asosiasi URL juga telah dimanipulasi oleh eFast. Hal ini berakibat setiap link untuk setiap protokol yang diklik oleh pengguna akan dibuka otomatis oleh eFast. Link URL tersebut diantaranya adalah http, https, ftp, irc, mailto, mms, news, NNTP, sms, smsto, urn, dan webcal.

Apakah komputer anda sudah terinfeksi eFast ?

Untuk mengetahui apakah komputer anda sudah terinfeksi virus malware eFast, berikut caranya :
Bila di Windows 7, buka Control Panel > All Control Panel Items > Default Programs > Set Default Programs. Bila terdapat Malware eFast, anda akan melihat tampilan kurang lebih seperti gambar dibawah ini.
Malware Chrome

eFast juga akan menghapus seluruh shortcut Google Chrome yang berada di desktop dan taskbar kemudian menggantinya dengan icon shortcut yang ia buat.

Virus Shortcut

Lebih lanjut anda bisa memeriksa keaslian Browser Chrome lewat menu yang terletak di pojok kanan atas. Pilih Help and About > About Google Chrome. JIKA tampilan jendela About Google Chrome seperti gambar dibawah ini, eFast telah berada di komputer anda. Langkah ini juga akan mengupdate browser Chrome jika memang browser Chrome yang anda gunakan asli Google Chrome.

Virus eFast Browser

Berikutnya periksalah di folder Program Files, eFast juga membuat folder disana yang bernama efas_en_110010107. Dalam folder tersebut terdapat file yang bernama predm.exe. Bila dilihat properti dari file predm.exe, terdapat ketidaksamaan file description. Pada gambar dibawah ini menunjukkan bahwa nama file asli dari predm.exe adalah AA.

Eorezo / Tuto4PC


Dari hasil deteksi virus di virustotal, eFast adalah varian Eorezo / Tuto4PC. Waspadalah! adware / malware akan secara halus mengarahkan anda masuk ke situs - situs berbahaya yang berkonten penuh kebohongan.

0 komentar :

Post a Comment