» , » Peramban Web yang Ideal untuk Smartphone dan Tablet

Peramban Web yang Ideal untuk Smartphone dan Tablet

Bagi pengguna smartphone / tablet, internet adalah kebutuhan yang utama. Dengan internet, banyak orang menghabiskan waktunya atau mengisi waktu luangnya untuk merambani web dan ada pula yang hanya menghabiskan waktunya hanya untuk chating private dan bercanda ria dalam grup chating. Bagi pengguna smartphone / tablet yang menjadikan perangkatnya sebagai alat untuk mencari pengalaman dan sarana belajar di internet, peramban web / browser adalah pilihan utama sebagai alatnya.

browser android
Credit image to Google

Peramban Web yang ideal untuk smartphone

Di mata saya, peramban web yang bagus dan idel untuk smartphone / tablet adalah peramban web yang berpenampilan sederhana namun menawarkan banyak fasilitas yang mendukung perambanan web. Selain itu, peramban web yang tidak rakus memory, bisa menghemat pemakaian quota internet, cepat dalam menampilkan halaman web dan tidak banyak meninggalkan sampah di memori internal juga menjadi syarat utama dalam memilih peramban web.

Akan tetapi secanggih dan secepat apapun peramban web yang digunakan, tidak akan banyak berfungsi juga jika tidak didukung oleh koneksi internet yang cepat dan stabil. Pengalaman saya sendiri dengan smartphone Android jaringan berteknologi LTE, sudah mencoba menggunakan berbagai macam sim card GSM dari operator seluler Indonesia, semuanya hanya cepat dalam propaganda penjualan quota internet yang dikemas dalam bentuk paket - paket internet yang menjebak. Semua paket yang ditawarkan, kecepatan internetnya masih sangat jauh dari yang mereka iklankan.

Chrome

Chrome, adalah peramban web yang bisa dikatakan wajib ada di perangkat Android. Wajib dikarenakan Chrome secara default sudah otomatis terpasang pada sebagian besar smartphone Android. Penampilan Chrome yang didesain minimalis, dan dengan serangkaian fitur canggih sudah lebih dari cukup memudahkan saya bernavigasi di web dengan lancar. Chrome juga dilengkapi opsi hemat quota yang berfungsi untuk meminimalkan penggunaan quota data internet. Bagi saya, Chrome lebih stabil untuk smartphone Android daripada peramban web yang lain.


Opera

Peramban Web Opera, dengan salah satu produknya yang dinamai Opera Mini untuk ponsel, smartphone / tablet sudah bukan lagi peramban web yang asing di mata para pengguna internet mobile. Peramban web yang satu ini sangat populer dan bisa menghemat pemakaian quota data internet. Peramban Web Opera sudah eksis dan banyak digunakan sejak jaman ponsel yang masih berplatform Java dan symbian.

Safari

Safari Browser adalah peramban web besutan Apple. Ini adalah peramban web default di semua perangkat bikinan Apple seperti iPhone dan iPad.

Dolphin Browser

Banyak pengguna smartphone Android yang berpendapat bahwa Dolphin Browser adalah peramban web yang handal, loading cepat dan kaya akan fitur tambahan seperti Dolphin Jetpack yang merupakan mesin pendongkrak loading halaman web. Dolphin Browser mungkin adalah peramban web satu-satunya yang mengadopsi teknologi gesture dan sonar untuk mempermudah navigasi selama merambani web. Dia pun juga memiliki mesin pencari yang diberi nama Dolphin search engine. Masih banyak lagi fitur peramban web Dolphin seperti fitur backup bookmark dan pengaturan browser Dolphin ke memory card.

UC Browser

Seperti peramban web yang lainnya, UC Browser juga menawarkan kecepatan muat halaman web dengan cepat. di perangkat smartphone. Sebagai peramban web yang fokus pada perangkat mobile, UC Browser juga mengintegrasikan Facebook sebagai fasilitas tambahan. Dengan mengintegrasikan Facebook, pengguna Facebook masih bisa mendapatkan pemberitahuan dari Facebook sekalipun dalam status offline. UC browser juga menyediakan Add-ons seperti Blokir iklan, Share, pemindaian QR, Clipboard, Screen shoot, Mode cepat, dan lainnya.

Masih banyak lagi peramban web untuk smartphone seperti Firefox Browser, Maxthon Browser. Semua peramban web menawarkan kecepatan, hemat data, dan segudang peralatan untuk merambani web. Peramban web mana yang lebih cocok dan ideal untuk smartphone Anda ?
    

0 komentar :

Post a Comment